Kamis, 21 April 2011

Metode perancangan dan analisis sistem (informasi)

Dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari rutinitas sebuah rumah tangga, hingga jalannya sebuah perusahaan besar, tentu tidak terlepas dari sistem informasi. saat mendengar kata sistem informasi, banyak orang pasti akan membayangkan hal-hal yang berhubungan dengan komputer, internet dan sebagainya, memang benar, namun itu adalah bagian kecil dari sistem informasi itu sendiri.
Dalam sebuah sistem informasi, terdapat banyak komponen yakni: manusia, data, proses, dan teknologi informasi itu sendiri.
Sebuah sistem informasi berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan juga menyediakan informasi sebagai suatu output, yang berguna bagi yang menggunakannya (mulai dari individu hingga perusahaan besar).
Dari definisi di atas, terlihat bahwa teknologi adalah bagian dari sistem informasi itu sendiri, dimana pemain utamanya adalah tetap kita manusia.
Untuk merancang sebuah sistem informasi yang baik, diperlukan kemampuan khusus, karena sebuah sistem melibatkan banyak komponen dan banyak pihak (stakeholders). Untuk keperluan merancang tersebut, juga diperlukan kemampuan untuk menganalisa sistem yang ada, entah sistem tersebut sudah menggunakan teknologi informasi ataupun belum.

Whitten dkk menuliskan segala hal yang berhubungan dengan perancangan dan analisis sebiah sistem secara cukup lengkap dalam buku ini.

Bagian awal menjelaskan terlebih dahulu apa itu sistem informasi, siklus, dan juga perkembangannya,diloanjutkan dengan langkah-langkah analisis, lengkap dengan tools-nya (seperti ERD, DFD, dan sebagainya), perancangan sistem dan database, modelling arsitektur sistem, hingga konstruksi dan implementasi sistem.
Penyajiannya sangat sistematis, dilengkapi dengan diagram framework untuk setiap chapter, bahasanya juga menarik, juga disertai suatu ilustrasi perancangan sistem, sebuah perusahaan bernama Soundstage. Ilustrasi tersebut melibatkan pembaca sebagai pemeran utamanya, dimana pemeran utama tersebut adalah karyawan baru di perusahaan tersebut, dan seiring meningkatnya ilmu sesuai peningkatan chapter dalam buku, pemeran utama ini memiliki tugas yang makin advanced, hingga akhirnya ia menciptakan sebuah sistem yang baik untuk Soundstage tadi.


0 komentar:

Posting Komentar